Informasi Terupdate

Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan

Mohon Tunggu Sebentar...
Advertisement
Advertisement
Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan - Puasa dalam bahasa arab ( Shaum = Menahan diri). Puasa Ramadhan ialah puasa yang wajib di laksanakan oleh seluruh umat muslim, mulai dari terbitnya matahari ( waktu imsyak )sampai tenggelamnya matahari ( waktu shalat magrib tiba ).

Dalam mejalankan ibadah puasa ramadhan bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja melainkan butuh sikap yang hati-hati sperti dari ucapan, perilaku yang buruk dan lainnya. Jauhilah perkara yang dapat membatalkan puasa atau hal yang dapat mengurangi kesempurnaan ibadah puasa kita sehingga puasa kita tidak sia-sia.

Untuk itu mari kita belajar bersama-sama menghindari hal yang dapat membatalkan puasa dan berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan penuh berkah serta ampunanan ini dan juga di bulan ini merupakan bulan di turunkannya Al- Qur'an ( Nuzulul Qur'an ), untuk itu mari kita sambut bulan penuh berkah ini dengan meningkatkan ibadah kita pada Allah SWT.

Tags as :


Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan

Hal yang dapat membatalkan puasa :

1. Makan serta Minum di sengaja.
Dengan sengaja memasukan benda baik itu makanan/minuman ke dalam mulut atau dari salah satu lubang yang ada di anggota tubuh kita secara di sengaja yang menyebabkan benda/makanan tersebut masuk ke lambung (perut) kita, kecuali tidak di sengaja.

2. Melakukan Jima
Melakukan jima di siang hari dengan istri atau dengan siapapun maka puasanya batal.

3. Mengeluarkan mani dengan sengaja.

4.Muntah di sengaja
Muntah di sengaja seperti memasukan jari kedalam kerongkongan agar mengeluarkan muntah, tapi tidak termasuk muntah karena sakit atau mabuk perjalanan.

5. Haid atau Nipas.
Bagi wanita yang sedang haid ataua nipas tidak di perbolehkan melaksanakan puasa sampai haidnya bersih.

6. Memasukan jarum suntik.
Memasukan sesuatu ke dalam tubuh melalui jarum suntik dengan tujuan mengenyangkan atau menambahkan Vit ke dalam tubuh kita, ini dapat membatalkan puasa.

7. Orang Gila.
Orang yang mengalami hilang akal tidak di wajibkan menjalakan puasa.

8. Memasukan benda melalui kubul atau Dhubur.
Dengan sengaja memasukan benda melalui ke dua lubang tersebut, baik itu benda cair atau padat dapat membatalkan puasa.

9. Menghisap asap rokok dengan sengaja.
jika kita sedang melaksanakan puasa lalu merokok maka puasanya batal, karena asap rokok merupakan benda yang bisa masuk kedalam lubang kecuali wangi-wangian.


10. Menghisab asap rokok Dengan Sengaja
Saat melaksanakan puasa lalu merokok maka batal puasanya, karena asab rokok termasuk benda (ain) yang bisa masuk kedalam lambung keculi mencium wangi-wangian.


Hal Yang Mengurangi Pahala Puasa :

1. Memberi kesaksian tidak benar (palsu).

2. Mengucapkan kata-kata yang tidak membawa manfaat.

3. Mengucapkan kata-kata dusta atau bohong.

4. Mengucapkan kata-kata kotor atau keji, sumpah serapah, ungkapan kotor akibat marah.

5. Menggunjing (membicarakan kejelekan orang lain), adu domba dsb.

6. Ucapan lantang (teriakan), adu mulut dalam pertikaian.

7. Berbuat hasud (dengki) yang dapat merugikan orang lain.

8. Melakukan pencurian dan sebagainya.

9. Mencium perempuan bukan muhrimnya.

10.Melihat perempuan lalu timbul nafsu.

Itulah Hal-hal yang dapat membatalkan dan mengurangi pahala puasa ramadhan semoga menjadikan ilmu dalam menjalani puasa dan juga penjelasan di atas masih banyak kekurangannya atau mungkin ada yang berbeda pendapat dari berbagai alasan dan dalilnya. Disini jga telah menyiapkan berbagai pantun ramadhan untuk di kirim lewat media sosial, sms lainnya sebagai penghibur dikala melaksanakan ibadah sunnah sahur.